Kunjungan Kerja Penguatan Basis Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah

49 Kali Dilihat Orang

Deskripsi Lengkap

Bagansiapiapi- Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Rokan Hilir melalui Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi melakukan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi terkait penyusunan langkah strategis dalam konteks penguatan basis infrastruktur Teknologi dan Informasi.

Daerah yang dikunjungi adalah Provinsi Sumatera Barat yaitu Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar dan Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman. Saat kunjungan kerja pada Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar Diskominfotiks Rokan Hilir ditemui langsung oleh Drs. Abrar selaku Kadis Kominfo dan Yendra Aprillia S.S.M.Mark.Comm selaku Kabid Informasi dan Komunikasi Publik dengan titik berat pada penguatan infrastruktur perangkat lunak diantaranya integrasi dan penerapan berbagai aplikasi seperti absensi online, sppd online, serta berbagai aplikasi lainnya.

Selanjutnya di Kabupaten Padang Pariaman ditemui Romi Satriawan Cahyadi, S.Kom, M.AP selaku Kepala Bidang Teknologi Informasi (TIK) (26/27-08-2021) menitikberatkan pada pengolaan jaringan infrastruktur perangkat keras yang telah mampu mengelola 65 Organisasi perangkat daerah dengan internet terpusat berada dibawah kendali kominfo.

Dalam kunjungan ini Indra Gunawan, SE selaku kabid Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi menyampaikan bahwa Kabupaten Rokan Hilir sangat jauh tertinggal dari sisi infrastruktur TIK mengingat Diskominfotiks sendiri baru berdiri pada awal Tahun 2020 lalu. “Yang pasti tahun depan Insya Allah Kabupaten Rokan Hilir akan melakukan lompatan besar di bidang teknologi informasi salah satunya saat ini kita berupaya mengadopsi berbagai hal positif dan uptodate serta menyiapkan penganggaran Tahun 2022 agar dapat bersaing dengan perkembangan kabupaten lainnya yang lebih maju pada bidang infrastruktur TIK.” pungkasnya.

Dalam giat kali ini, kominfo rohil mengunjungi dua dinas kominfo tersebut pada waktu yang berbeda, ialah kamis 26 agustus berada di Kabupaten Tanah Datar dan jumat 27 agustus berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Dari hasil kunjungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemusatan jaringan terpadu satu pintu menjadi perhatian utama kunjungan Diskominfo Rokan Hilir, hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi lebih praktis, efektif dan efesien dan mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik secara menyeluruh. pengelolaan jaringan internet yang handal dan terpadu dalam satu kendali akan mampu mengoptimalkan penghematan anggaran internet daerah sebesar 40℅, yang saat ini masih tersebar dan berada dimasing-masing OPD. Hal ini akan berorientasi pada rentang kendali OPD yang akan semakin dipermudah dengan penerapan serta integrasi berbagai aplikasi layanan pemerintahan dan publik.